Halaman

Senin, 18 Januari 2016

Kota Tenggarong, Kota Wisata
Kota Tenggarong merupakan ibu kota dari kabupaten  Kutai Kartanegara. Terletak tidak jauh dari ibu kota Kalimantan Timur, Samarinda hanya berkisar sekitar 18-20 km. Kota Tenggarong merupakan kota yang baru-baru ini mengalami peningkatan tajam dalam bidang pembangunan daerahnya. Pada awal tahun 2013 Kota Tenggarong merupakan kota biasa bahkan hampir tidak memiliki wahana yang dapat memikat wisatawan. Dibuktikan dengan wisatawan yang datang tidaklah banyak. Namun setelah pembangunan dari tahun 2013 akhir hingga saat ini, menuai peningkatan yang sangat tajam. Dimulai dengan mengadakan acara-acara tingkat kota, kabupaten, hingga internasional. Contohnya saja pada acara adat ERAU, ERAU pada tahun 2014 mendapatkan kesuksesan yang dapat mendongkrak nama Kutai Kartanegara kekancah Internasional. Dan juga ada acara lain yang disuguhkan kota Tenggarong untuk menghibur masyarakat local maupun luar kota Tenggarong yang berada di kota Tenggarong. Semua hal ini dapat dilakukan karena setiap acara yang dilaksanakan selalu mendapat perhatian dan dukungan penuh dari pemerintah kota Tenggarong, sehingga semua acara dapat berjalan dengan sukses. Selain dari acara-acara yang diadakan oleh pemerintah penulis akan membahas mengenai semua objek wisata yang ada di Kota Tenggarong ini.
Pertama, bertempat strategis yaitu di dekat Jembatan Mahakam II yaitu, Taman Kota Raja. Taman kota raja merupakan tempat wisata baru bertempat dibawah jembatan Mahakam II yang merupakan pintu masuk ke Kota Tenggarong menjadikan Taman Kota Raja menjadi salah satu tempat wisata yang dituju. Keindahan Taman Kota Raja dapat dinikmati pada malam hari, hiasan lampu hingga tempat untuk bersantai serta nongkrong ala anak muda tersedia di sana. Selain itu pada pagi hari Taman ini juga memberikan kesan tenang karena terdapat pepohonan tinggi serta tempat yang berada di pinggir sungai Mahakam, dan membuatnya menjadi tempat yang dituju untuk piknik bersama keluarga ataupun teman-teman. Pembangunan Taman ini baru dimulai sejak awal tahun 2015, karena menda patkan dukungan penuh dari pemerintah serta masyarakat taman ini menjadi tempat ideal yang sangat dinantikan.
Kedua, Museum Mulawarman merupakan bekas tempat Kerajaan Kutai berdiri. Dasar dari bangunan ini masih sama namun sedikit dipoles sehingga berubah menjadi sebuah Museum yang memiliki nilai histori yang tinggi. Tempat ini juga merupakan salah satu tujuan wisata para wisatawan. Bangunan ini sudah berapa kali mengalami renovasi karena menyesuaikan dengan konsep museum yang megah. Bangunan ini memiliki ruangan bawah tanah yang diisi dengan koleksi keramik serta baju-baju adat daerah Indonesia. Dan pada lantai utama memperlihatkan berbagai koleksi peninggalan-peninggalan sejarah kerajaan kutai walaupun semua hanya replika karena barang yang asli sudah di setor ke museum nasional. Selain memperlihatkan berbagai macam peninggalan ternyata di kawasan museum juga menyuguhkan berbagai macam souvenir yang dapat dibawa pulang dengan harga terjangkau oleh wisatawan.
Ketiga, tempat yang tidak terlalu besar dan dibuat dengan konsep sederhana yaitu museum kayu Tenggarong. Berbeda dari museum mulawarman yang menyuguhkan berbagai peninggalan sejarah yang berkonsep buatan rakyat Kutai namun Museum Kayu Tenggarong ini menyuguhkan berbagai peninggalan sumber daya alam yang ada di Tenggarong. Dan hal yang paling memiliki daya tarik pengunjung yaitu adalah terdapatnya dua ekor buaya besar yang diawetkan. Buaya yang berasal dari sangata ini merupakan buaya pemangsa manusia yang telah membunuh beberapa masyarakat di Sangata.
Keempat yaitu wahana yang baru-baru ini dibuka, Ladaya atau lading budaya. Tempat ini merupakan bentuk aspirasi pemerintah terhadap masyarakat. Tempat ini merupakan wahana rekreasi yang menarik karena didalamnya terdapat banyak sekali wahana rekreasi seperti mini zoo, paint ball, outbond, dan masih banyak lagi. Tempat ini juga dilengkapi dengan kafe, dan juga tempat peristiharatan sehingga para pengunjung bias menginap disana.

Beberapa tempat diatas hanya sebagian dari keseluruhan. Masih banyak lagi tempat-tempat yang dapat dikunjungi. Kota Tenggarong memiliki banyak sekali daya tarik yang dapat memikat banyak sekali pengunjung. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar