Halaman

Kamis, 15 Agustus 2013

Esai Ketiga #3

Gadget Di Kalangan Masyarakat
Gadget sudah tidak asing lagi didengar khususnya dikalangan remaja jaman sekarang, bagi beberapa remaja bahkan menganggap gadget adalah pasangan mereka. Tetapi sebagian dari para remaja bahkan tidak tau apa itu gadget, mereka memakainya tanpa mengetahui apa sih gadget itu? Ini pengertian gadget yang diambil dari Wikipedia: A gadget is a small technological object (such as a device or an appliance) that has a particular  function, but is often thought of as a novelty. Gadgets are invariably considered to be more unusually or cleverly designed than normal technology at the time of their invention. Gadgets are sometimes also referred to as gizmos. (Wikipedia.com), atau kalau di terjemahkan dalam bahasa Indonesia kira-kira pengertian gadget adalah sebagai berikut, Gadget adalah sebuah benda (alat atau barang elektronik) teknologi kecil yang memilki fungsi khusus, tetapi sering diasosiasikan sebagai sebuah inovasi atau barang baru. Gadget selalu diartikan lebih tidak biasa atau didesain secara lebih pintar dibandingkan dengan teknologi normal pada masa penemuannya. Gadget kadang juga disebut dengan gizmos.
Gadget merupakan salah satu dampak dari globalisasi, gadget kini makin berkembang pesat, salah satu contoh gadget yang berkembang pesat adalah computer dan internet, bagi para remaja khususnya anak-anak sekolah computer dan internet merupakan media informasi yang bisa membuka mata untuk melihat perkembangan yang terjadi di dunia luar, perkembangan-perkembangan yang telah dilakukan oleh Negara-negara maju, hal ini dapat menginspirasi anak bangsa untuk mengikuti perkembangan yang dilakukan oleh Negara berkembang sehingga informasi yang lengkap dapat dicerna dengan baik maka hasilnya Negara kita pun dapat mengikuti perkembangan jaman, sebagai contoh siswa SMK sudah dapat membuat mobil dan juga robot, ini adalah bukti dari kemajuan teknologi pada saat ini sangat bermanfaat.
Karena hamper sebagian orang sudah terbiasa dengan internet dan computer maka kedua media ini menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk mencari atau melakukan segala macam informasi yang sedang dilakukan. Dan juga saat ini ada gadget yang sering sekali ditemui yaitu handphone. Dikalangan masyarakat handphone adalah kebutuhan penting untuk berkomunikasi, namun handphone yang fungsi awalnya adalah untuk berkomunikasi kini para pembuat handphone menambahkan fitur-fitur yang menyamai computer yang dilengkapi dengan internet dan media yang menyajikan segala macam fungsi atau kegunaan computer dikemas dalam bentuk handphone, masyarakat menyebutnya smartphone/gadget.
Fitur dan media gadget bermacam-macam semua disesuaikan dengan kebutuhan dan juga harga jual. Pada saat ini gadget merupakan sebuah trend makin mahal atau makin lengkap fitur yang dimiliki oleh seseorang maka makin mudah seseorang mendapatkan informasi. Kini trend gadget merambat ke kalangan pelajar, hamper semua pelajar mempunyai gadget, fitur dan bentuknya pun bermacam-macam, ada yang seperti smartphone dan yang terbaru disebut dengan istilah tablet. Perbedaannya hanyalah dari segi ukuran, bentuk dan system operasinya.
Hasil analisa saya membuktikan kebanyakan para pengguna gadget yang sudah terlalu asik bermain dengan gadget, terlalu tidak peduli dengan keadaan disekitarnya dan juga kurang berkomunikasi dengan sekitar. Hal ini menyebabkan berkurangnya jiwa social seseorang dan kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar. Para pengguna gadget tidak peduli tempat, waktu, dan kondisi dalam menggunakan gadget, dan sebab itu para pengguna gadget sering sekali memancing kejahatan.
Gadget bisa memberi kerugian, salah satunya adalah ketidakmampuan untuk hidup sendiri, contohnya hampir semua pengguna jejaring social seperti facebook atau twitter yang menceritakan kehidupannya di jejaring social yang dapat dilihat oleh semua orang. Dan juga banyak pelajar yang menjadi ‘plagiat’ karena banyak pelajar yang meng’copas’ tugas dari internet yang seharusnya mereka selesaikan sendiri.
Gadget adalah alat yang bisa mempermudah kehidupan manusia, namun sesuatu yang berlebihan justru dapat memberikan dampak negative, jadi kita harus dapat membatasi penggunaan gadget agar kita juga bisa meluangkan waktu untuk lingkungan sekitar kita. Dan gunakanlah smartphone atau gadget dengan positive yang bisa memberikan dampak positif intinya saat kita menggunakan smartphone kita juga harus menjadi smartuser atau pengguna yang pintar yang bisa memfilter dan memilih dan memanfaatkan gadget untuk kepentingan yang bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar