Halaman

Selasa, 13 Agustus 2013

Esai Pertama #1

Pengaruh Globalisasi

Globalisasi begitu cepat masuk ke dalam masyarakat Indonesia terutama kalangan remaja. Pengaruh globalisasi tersebut telah membuat banyak remaja Indonesia kehilangan jati diri sebagai bangsa Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan gejala-gejala yang muncul dalam kehidupan sehari-hari anak muda sekarang. Dari cara berpakaian banyak remaja Indonesia yang bergaya seperti Idolanya yang cenderung ke budaya Barat. Mereka menggunakan pakaian yang memperlihatkan bagian tubuh yang seharusnya tidak diperlihatkan. Padahal cara berpakaian tersebut jelas- jelas bertentangan dengan kebudayaan Indonesia. Dan juga rambut yang berwarna-warni mengikuti orang Barat. Kesimpulannya orang lebih suka jika menjadi orang lain dengan cara menutupi identitasnya. Hanya sedikit saja remaja yang mau melestarikan budaya bangsa..
Internet merupakan teknologi yang memberikan informasi tanpa batas dan dapat diakses dimana saja dan oleh siapa saja. Apa lagi bagi remaja, internet sudah menjadi bagian dari kehidupan mereka. Jika digunakan secara semestinya tentu kita memperoleh dampak positif yang berguna. Tetapi jika sebaliknya, kita akan mendapat dampak negatifnya. Dan sekarang ini, banyak pelajar dan mahasiswa yang menggunakan internet tidak semestinya. Bukan hanya internet saja, tetapi barang wajib remaja sekarang yaitu Handphone. Rasa sosial terhadap masyarakat menghilang karena mereka lebih memilih sibuk dengan menggunakan handphone. Dilihat dari tingkah lakunya, banyak remaja jaman sekarang yang tingkah lakunya tidak kenal sopan santun dan cenderung tidak peduli terhadap lingkungan. Karena globalisasi menganut kebebasan dan keterbukaan sehingga mereka bertindak sesuka hati mereka. Contoh riilnya adanya geng motor anak muda yang melakukan tindakan kekerasan yang menganggu ketentraman dan kenyamanan masyarakat.
Jika kejadian-kejadian diatas dibiarkan, mau jadi apa genersi muda tersebut? Moral generasi bangsa menjadi rusak, timbul tindakan anarkis antara golongan muda. Hubungannya dengan nilai nasionalisme akan berkurang karena tidak ada rasa cinta terhadap budaya bangsa sendiri dan rasa peduli terhadap masyarakat. Padahal generasi muda adalah penerus masa depan bangsa. Apa akibatnya jika penerus bangsa tidak memiliki rasa nasionalisme?
Menurut analisa pengaruh globalisasi lebih banyak membawa dampak negative dibandingkan dampak positifnya. Namun ada beberapa cara untuk mengantisipasi dampak negative dari globalisasi yaitu dengan cara : Menumbuhkan rasa nasionalisme terhadap bangsa, menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, memperkuat iman agar tidak mudah tergoda, mewujudkan supremasi hukum, selektif terhadap pengaruh globalisasi. Dengan itu diharapkan mampu memfilter pengaruh dari globalisasi yang dapat mengubah rasa nasionalisme terhadap bangsa, agar para remaja tidak kehilangan jati diri sebagai bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar